Senin, 30 September 2013

Enam Mahasiswa UTY Siap Presentasikan Penelitiannya di Malaysia


Enam Mahasiswa UTY Siap Presentasikan Penelitiannya di Malaysia
April 6, 2013 6:00 am



           Bertempat di Kampus 1 Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY)  Sabtu 6 April 2013 telah diselenggarakan pengarahan dari Rektor UTY Bambang Hartadi, Ph.D, MM, CPA kepada enam mahasiswa Prodi Akuntansi UTY yang karya  penelitiannya akan diikutkan dalam The 10th Asian Academy of Management International Conference 2013di Kuala Lumpur Malaysia.

Enam mahasiswa tersebut dan judul penelitiannya adalah sebagai berikut :
1.    Januar Christanto : Pengaruh Time Budget Pressure & Karakter Personal Auditor terhadap perilakuPremature Sign-Off Audit Procedures.
2.    Rr. Vici Prasdyarindha Yudhiati : Model Prediksi Going Concern dengan Neural Network.
3.    Anis Permata Laksari : Analisa Pengaruh Integritas Laporan Keuangan, Kinerja Perusahaan dan Reputasi Auditor Terhadap Litigasi Auditor.
4.    Jepy Andung Pambudi : Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Auditor Switching pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di  BEI.
5.    Aji Prasetyo : Reaksi Investor Atas Pengumuman Laporan Keuangan Studi  atas Opini Going Concern.
6.    Anesti Kurnia Astuti :Faktor-Faktor Yang Dapat Mempengaruhi Audit Report Lag Pada Perusahaan Yang Terdaftar di BEI.

Keenam mahasiswa tersebut sangat antusias untuk dapat mempresentasikan hasil penelitiannya di forum internasional. Mereka menyampaikan sungguh suatu pengalaman yang sangat berharga bagi dirinya bisa berpresentasi di forum internasional.
Dalam kesempatan pengarahan tersebut salah satu mahasiswa yaitu Januar Christianto yang merupakan Juara 1 National Accounting Challenge 2012 Regional Jateng –DIY, dan menempati rangking 6 Universitas di Tingkat Nasional, yang diselenggarakan oleh Sekolah tinggi Akuntansi Negara (STAN),  menjelaskan bahwa penelitiannya bertujuan untuk mengetahui pengaruh time pressure budget / tekanan anggaran waktu yaitu batasan waktu (dateline) yang ditentukan oleh management dalam pengerjaan audit, dan karakteristik personal auditor ( Eksternal Locus of Control / kontrol diri, self rate auditor performance / tingkat kinerja auditor, turnover intention/ kenginan untuk berhenti untuk bekerja dan  self extreem /harga diri ), terhadap perilaku premature sign-off audit procedures / perilaku disfungsional auditor dengan cara menghilangkan beberapa prosedur audit yang telah ditetapkan tanpa menggantinya.
Dengan mengambil objek Penelitian Kantor Akuntan Publik (KAP) di DIY-Jateng ia dapat menyimpulkan bahwa terdapat urutan prioritas prosedur audit yang ditinggalkan, dan time budget pressure berpengaruh positif signifikan terhadap prmature sign-off audit procedures.  Sedangkan variabel karakteristik personal auditor tidak berpengaruh terhadap premature sign-off audit procedures.
Januar menyampaikan bahwa penelitian ini bermanfaat diantaranya bagi KAP / regulator dalam pengambilan keputusan dan penentuan kebijakan bagi auditor.

Keterangan Gambar
1.    Enam mahasiswa Prodi Akuntansi UTY dengan antusias siap mempresentasikan penelitiannya di Malaysia.
2.    Rektor UTY sedang memberikan pengarahan didampingi pembimbing mahasiswa   Drs. Priyo Sajarwo Y., M.Si, Akt. dan Junaedi, SE, M.Si.

0 komentar: