TUGAS
MANAJEMEN PEMASARAN
“ MARKETING PLAN (EASY TAB INTERNATIONAL)”
Disusun oleh :
Kristowati & Anis Permata Laksari
Marketing Plan
Easy Tab International
1.0 Rangkuman Eksekutif
Easy Tab International (ET Int) merupakan vendor produsen ternama di dunia dengan pasar konsumen yang beralih dari kebiasaan tradisional menuju kebiasaan modern yang didampingi dengan berbagai jenis elektronik digital. Pada awalnya, perusahaan memproduksi berbagai varian tablet PC dan sekarang ET Int mengembangkan produk yang telah ada dengan konsep futuristik yang mengedepankan produk ramah lingkungan konsep Ecopad bahwa perangkat ini menawarkan sesuatu yang tidak ada tablet lain biasa yaitu dengan menelurkan sebuah produk Green Earth Tab (GET). Tablet ini merupakan konsep revolusioner tidak memerlukan pengisian eksternal - artinya tidak ada power adapter, tidak menggunakan listrik, tidak ada interupsi dari non-stop 24 / 7 penggunaan dan penghematan energi besar. Rahasia di balik Ecopad adalah dengan adanya NANO film yang piezoelektrik. Film ini mengumpulkan daya dari setiap sentuhan dan babatan di layar, sehingga jari-jari Anda lakukan pengisian daya. Pada dasarnya, semakin Anda menggunakan Ecopad semakin kecil biaya baterai, meninggalkan Anda dengan baterai yang tidak pernah berakhir dan menempatkan Energizer Bunny. Bekerjasama dengan pihak Google dan OS Android untuk melengkapi kebutuhan konsumen yang selalu mencari sesuatu yang baru dan nyaman dalam pemakaian produk. Ini memberikan peluang besar bagi perusahaan, karena belum banyak vendor-vendor yang memproduksi produk Green dan mudah untuk bersaing di pasar global dengan pengharapan pangsa pasar yang ideal. Dengan melihat peluang, perusahaan bekerjasama dengan pihak manajemen yang kuat, perencanaan jangka panjang dan menengah akan memberikan kontribusi positif untuk mendapatkan penetrasi pasar sempurna. Riset dan pengujian dibantu dengan tangan-tangan para ahli dari berbagai Negara untuk menjamin kualitas produk dan menjaga untuk memuaskan dan memberi kenyamanan kepada para konsumen untuk menggunakan produk Green Earth Tab. Perlakuan media pendekatan langsung kepada para konsumen yang akan memungkinkan Easy Tab International merambah pasar konsumen dan mempertahankan pelanggan baru dan pelanggan setia ET Int. Menjalin dengan berbagai pihak counter international untuk memasuki dunia pasar domestik di berbagai Negara.
2.0 Analisis Situasi
Easy Tab International pada tahun pertama menjalankan operasional perusahaan. Produk yang diluncurkan sangat diminati oleh para konsumen yang sadar akan perlindungan lingkungan dengan menggunakan produk yang ramah lingkungan “Green”. Produk Green Earth Tab ini, memberikan dampak positif terhadap penjualan, pemasaran dan distribusi produk yang dihasilkan, ET Int meraih kesuksesan dalam pasar konsumen. Easy Tab International memberikan penawaran beberapa Tablet PC yang berbeda, industry Ecopad yang dikembangkan dan tumbuh secara pesat di pasar Global.
2.1.1 Rangkuman Pasar
Easy Tab International memanfaatkan peluang yang baik terhadap kebutuhan lingkungan dan konsumen, mempunyai berbagai pengalaman dan informasi yang tidak diragukan lagi terhadap pasar. Pengalaman dan informasi akan terus ditingkatkan untuk lebih mengetahui terhadap pelayanan konsumen, siapa yang member dan diberi pelayanan, apa keinginan dan kebutuhan konsumen dan bagaimana caranya Easy Tab Internasional mengenal dan berkomunikasi langsung dengan para konsumen.
Pasar Sasaran
a) Hiburan
b) Multimedia
c) Teknologi Informasi
d) Komunikasi
e) Internet
Tabel Peramalan Pasar Sasaran:
Peramalan Pasar Sasaran
| ||||
Easy Tab International
| ||||
Pelanggan Potensial
|
Pertumbuhan
|
2011
|
2012
|
2013
|
Hiburan
|
15%
|
23.500.000.000
|
27.025.000.000
|
31.078.750.000
|
Multimedia
|
15%
|
25.700.000.000
|
29.555.000.000
|
33.988.250.000
|
Teknologi Informasi
|
20%
|
43.250.000.000
|
51.900.000.000
|
62.280.000.000
|
Komunikasi
|
25%
|
58.900.000.000
|
73.625.000.000
|
92.031.250.000
|
Internet
|
25%
|
66.750.000.000
|
83.437.500.000
|
104.296.875.000
|
Total
|
20%
|
218.100.000.000
|
265.542.500.000
|
318.651.000.000
|
2.1.1c Demografi Pasar
Profil pelanggan Easy Tab International terdiri dari faktor geografis, demografis, dan perilaku sebagai berikut:
a) Geografis
Easy Tab International tidak menentukan sasaran geografis. Dengan menggunakan sistem jaringan internet dan berbagai layanan distribusi yang menyeluruh, Easy Tab International dapat melayani pelanggan domestik maupun internasional secara sekaligus.
b) Demografis
Pengguna hiburan cenderung mencakup kisaran usia yang lebih luas, temasuk pengguna aktif yaitu muda sampai dewasa (13-50 tahun), pengguna pasif (50-70 tahun).
c) Perilaku
§ Konsumen menikmati layanan internet untuk mendukung aktivitas bisnis, akademika maupun social. Yang dapat menghemat waktu, biaya dan tempat.
§ Konsumen mengeluarkan pendapatan mereka untuk membeli barang terbaru untuk memenuhi rasa penasaran terhadap gadget baru.
§ Konsumen sering menggunakan barang elektronik mereka dalam keseharian selama 24 jam untuk berkomunikasi dan lain sebagainya.
2.1.1b Kebutuhan Pasar
1. Penjaminan Kualitas : Pelanggan terbiasa untuk membelanjakan uang penghasilannya untuk hal-hal yang bermanfaat bukan hanya untuk produk yang biasa-biasa saja, tetapi produk yang mempunyai kriteria tahan lama dan berkualitas. Kebiasaan pelanggan untuk mencari produk yang baik dan memberikan garansi Life Time dalam masa pemakaian produk tersebut. Agar ada penghematan dalam segi perawatan peralatan dan daya tahan hidup produk.
2. Gaya hidup : Pelanggan cenderung untuk membeli gadget yang murah dan berkelas cenderung untuk memenuhi keinginan daripada kebutuhan.
3. Pelayanan yang baik : Pendirian counter-counter yang dekat dengan pelanggan, agar mudah untuk melakukan konsultasi maupun reparasi terhadap produk ET Int dengan memberikan sebuah garansi setia seumur hidup masa pemakaian produk (Life Time Garance).
4. Perencanaan Konsep yang baik : Konsep Ecopad yang mengedepankan ramah lingkungan harus dibarengi dengan sejumlah aplikasi maupun software yang mumpuni untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Penjagaan kualitas dan kuantitas produk dalam konteks dan kontennya.
2.1.1c Tren Pasar
Keunikan produk Easy Tab International memberikan keterikatan yang lebih bagi para pengguna, sehingga mereka dapat menggunakan teknologi serta mengurangi e-limbah yang dapat membantu menyelamatkan dan menyelaraskan bumi kita. Konsumen yang tidak dibatasi dari segi umur, agar mereka dapat menikmati kelebihan produk Easy Tab Int dari segi kehematan, kenyamanan, keramahan, dan aplikasi-alikasi yang mendukung di sistem perangkatnya. Segmen hiburan dan multimedia yang paling banyak diminati oleh para konsumen yang memberikan dampak positif terhadap penjualan di tingkat kalangan aktif maupun pasif.
2.1.2 Pertumbuhan Pasar
Pertumbuhan terhadap enetrasi pasar sangat tinggi, dimana banyak konsumen yang selalu menanyakan ketersediaan barang dari Easy Tab Int yang terspesialisasi terhadap produk Green Tab Earth. Kami selal berinovasi untuk membuat produk yang mungkin belum pernah ada sebelumnya. Tanggapan positif terhadap kinerja Tab kami, yang tidak mudah rusak, tahan lama, ringan, kelengkapan aksesoris multimedia, kecepatan berselancar internet, kemudahan komunikasi dan mendapatkan informasi, dan lain sebagainya.
2.2 Analisis SWOT
1. Kekuatan
Ø Pengalaman teknologi dan pandangan industri terfokus.
Ø Konsep Ecopad “Green” yang baru diterapkan.
Ø Produk yang memiliki daya tahan lama dan mudah untuk dipakai di semua kalangan tanpa mengeluarkan anggaran yang berlebih.
2. Kelemahan
Ø Produk baru yang mungkin tidak dipercaya di pasaran.
Ø Vendor aplikasi dari luar, sehingga masa jangka waktu kontrak sewaktu-waktu dapat diputuskan.
3. Peluang
Ø Persaingan yang belum begitu ketat.
Ø Daya beli konsumen dan daya tarik yang tinggi terhadap Gadget.
Ø Kesadaran terhadap pelestarian lingkungan untuk menjaga kelangsungan hidup di bumi.
4. Ancaman
Ø Dampak keuangan AS yang dapat menurunkan daya beli dan harga produk kepada konsumen.
Ø Penjiplakan produk oleh para pesaing.
Ø Persaingan masa depan dari pemeran pasar potensial dengan adanya teknologi baru.
2.3 Persaingan
Di pasar global, walaupun ada beberapa perusahaan pesaing, tetapi tidak banyak perusahaan yang membuat produk yang mengedepankan ramah lingkungan. Ini merupakan peluang yang baik untuk memasuki dunia bisnis global. Memiliki bahan maeterial yang unik, harga terjagkau dan tidak diragukan lagi akan kemampuan teknologi yang tertanam di produk GET. ET Int akan memenangkan persaingan pasar global secara menyeluruh.
2.4 Penawaran Produk
GET yang mudah dibawa kemana-mana dengan berat yang sedikit sekitar 1 pound dan masa baterai yang tahan lama sampai dengan 10-15 jam dibanding dengan menggunakan laptop yang tidak tahan lama. Pada akhir 2011, perusahaan memperkirakan brosur dicetak akan dikurangi sebesar 80%, seperti brosur yang menampilkan video di iPad untuk mengurangi pemakaian kertas yang berlebihan. Dengan berbagai produk andalan sebagai berikut:
Produk pertama, Streak GET berbahan dasar yang dilengkapi dengan Gorilla Glass Corning, yang merupakan aluminosilikat alkali ramah lingkungan lembar kaca tipis yang menawarkan hingga empat kali kekuatan dalam perlawanan kerusakan. Kaca ini ramah lingkungan, Gorilla memberikan selembar penutup pelindung, resistensi kerusakan, meningkatkan umur dan menawarkan kualitas, melihat lebih tahan gores tahan lama dan murni.
Produk kedua, Surfing Slam GET memudahkan pengguna untuk melakukan aktivitas yang berkaitan dengan entertainment seperti, surfing internet, jaringan 3G, mendengarkan musik atau menonton video dapat bertahan hingga 10 jam pada satu biaya, mengurangi konsumsi energi. Tablet ini juga mencakup aluminium revolusioner didaur ulang, kaca dan baterai yang tahan lama.
Produk yang ramah lingkungan “Green” dapat mengurangi e-limbah yang berasal dari bahan-bahan elektronik yang usang dan tidak terpakai lagi.
2.6 Kunci Keberhasilan
Kunci keberhasilan adalah merancang dan memproduksi produk yang dapat memenuhi permintaan pasar. Diamping itu, GET harus dapat memastikan tentang kepuasan total pelanggan. GET akan menjadi perusahaan yang menguntungkan dan terkemuka serta tahan lama, jika kunci keberhasilan yang diharapkan dapat tercapai sesuai dengan tujuan perusahaan.
2.0 Isu-isu penting
Sebagai bisnis yang baru berdiri, GET masih dalam tahap awal. Isu penting bagi GET adalah untuk:
Ø Menfokuskan produk yang berbahan dasar ramah lingkungan
Ø Menjadi perusahaan ramah lingkungan yang terkemuka
Ø Senantiasa mengamati kepuasan pelanggan dan memastikan bahwa strategi pertumbuhan tidak pernah mengkompromikan pelayanan dan tingkat kepuasan pelanggan
Ø Mengejar pertumbuhan terkendali yang mengatur bahwa beban gaji tidak akan pernah melebihi basis pendapatan. Dengan hal ini akan membantu melindungi perusahaan dari asersi.
3.0 Strategi Pemasaran
Strategi pemasaran yang dlakukan GET berfokus pada Hiburan, Multimedia, Informasi teknologi, Komunikasi jaringan, pengguna smart phone. GET mampu melayani semua segmen pasar meskipun setiap segmen pasar berbeda kalangan.
3.1 Misi
Energy Usage dan Reducing Paper Usage dengan menawarkan konsep Ecopad yang menciptakan produk ramah lingkungan tanpa biaya yang mahal dengan menggenerasikan Tablet PC bagi semua kalangan pelanggan.
3.2 Tujuan Pemasaran
v Mencapai peningkatan penetrasi pasar yang stabil.
v Menurunkan biaya pelanggan.
v Dapat mempertahankan pertumbuhan yang positif dan kuat pada setiap kuartal atau tidak hanya mempertahankan penjualan musiman.
v Menciptakan produk yang ramah lingkungan.
3.3 Tujuan Keuangan
v Mempertahankan anggaran riset dan pengembangan yang signifikan untuk dapat mendorong penembangan produk dimasa yang akan datang.
v Mencapai tingkat pertumbuhan yang maksimal sesuai dengan target perusahaan.
v Meningkatkan margin laba melalui efisiensi dan perolehan skala ekonomis.
3.6 Pasar Sasaran ( Target)
Target pasar GET adalah semua kalangan karena produk GET merupakan produk yang populer sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari, akan tetapi produk GET menciptakan produk yang ramah lingkungan. Selain ramah lingkungan GET juga memberikan harga yang terjangkau oleh semua kalangan.
3.5 Positioning (Pemosisian)
GET akan memposisikan dirinya sendiri sebagai perusahaan Tablet PC yang ramah lingkungan. Positioning ini akan tercapai dengan mendongkrak sisi kompetitif GET: pengalaman teknolgi dan hasrat untuk menciptakan produk yang ramah lingkungan.
3.6 Strategi
Tujuan utama GET adalah menempatkan GET sebagai produsen teknologi dan elektonik terkemuka, yang dpat melayani pasar domestik dan pasar internasional. Strategi pemasaran akan berusaha untuk menciptakan kesadaran customer mengenai produk dan kualitas abarang yang ditawarkan dan kemudian dapat digunakan untuk pengembangan basis pelanggan.
GET selalu berusaha mengkomunikasikan pesan bahwa GET merupakan produk yang menggunakan bahan dasar yang ramah lingkungan dan dapat menghindari pemanasan global. Pesan seperti ini akan dapat dikomunikasikan melalui beberapa metode, antara lain:
Ø Melalui situs Web GET yang akan menyediakan sumber informasi yang kaya dan menawarkan peluang membeli kepada konsumen. Dalam situs ini akan memberikan banyak penjelasan tentang produk dan pelayanan GET terhadap pelanggan.
Ø Iklan yang dilakukan di beberapa majalah dan surat kabar yang dpat digunakan sebagai media mempromosikan GET secara keseluruhan.
Ø Dan metode yang terbaru yaitu dengan penggunaan literatut penjualan cetak. Dua metode sebelumnya itu akan menciptakan permintaan untuk literatur penjualan, yang akan dikirim ke pelanggan. Berhubung yang digunakan dalam promosi ini adalah informasi yang sudah dirangkai dalam Web maka akan meminimalis biaya literatur penjualan.
3.7 Bauran Pemasaran
Bauran pemasaran dalam GET melalui berbagai pendekatan antara lain: iklan dan promosi, nilai layanan pelanggan, penetapan harga, dan distribusi.
Ø Iklan dan promosi. Dilakukan dengan metode berbeda untuk usaha iklan.
Ø Nilai layanan pelanggan. GET akan berusaha mencapai nilai layanan pelanggan yang memuaskan dengan melakukan layanan pelanggan yang sudah ditentukan tolak ukurnya.
Ø Penetapan harga. Hal ini akan disesuaikan dengan kualitas produknya.
Ø Distribusi. GET akan melakukan distribusi secara langsung adan tidak langsung.
3.8 Riset Pemasaran
Easy Tab International yang mempunyai peluang yang besar, karena ini merupakan revolusi dari produk mesin yang tidak ramah lingkungan dengan produk yang “Green” ramah lingkungan. ET Int mampu bersaing dengan produk-produk pesaing lainnya. Dengan keunikan produk dan kecanggihan elektronik bauran terbaharuinya. Pengharapan para konsumen yang baru untuk menjadi pelanggan setia ET Int. Pengujian terhadap produk telah teruji dengan standar high safety for customers and the best design “Green”. Kami selalu akan berinovasi terhadap perubahan hal-hal baru dan memperhatikan pelestarian lingkungan.
4.0 Keuangan
Dalam bagian ini akan menawarkan tinjauan keuangan GET yang juga berkaitan dengan kegiatan pemasaran. Dalam bagian ini akan dibahas mengenai analisis titik impas, peramalan penjualan, peramalan beban, dan melakukan indikasi bagaimana hubungan kegiatan ini dengan kegiatan pemasaran.
4.1 Analisis Titik Impas
Analisis titik impas akan mengindikasikan tentang pendapatan dan biaya untuk mencapai titik impas.
Tabel 1.2. Analisis Titik Impas
Analisis Titik Impas
| |
Titik Impas Unit Bulanan
|
75
|
Titik Impas Penjualan Bulanan
|
Rp 135.000.000,00
|
Asumsi
| |
Rata-rata Pandapatan per unit
|
Rp 2000.000,00
|
Rata-rata Biaya Variabel per unit
|
Rp 700.000,00
|
Perkiraan Biaya Tetap Bulanan
|
Rp 1.100.000,00
|
4.2 Peramalan Penjualan
Peramalan penjualan yang dilakukan masih bersifat konservatif, maka dengan hal ini GET akan terus meningkatkan penjualan jika anggaran iklan yang dibutuhkan memungkinkan. Meskipu dalam peramalan pasar sasaran menyebutkan pelanggan potensial dibagi menjadi kelompok yang terpisah, peramalan penjualan mengelompokkan pelanggan menjadi dua kategori yaitu rekreasional dan multimedia. Dengan adanya penguranga jumlah kategori, diharpakan pembaca dapat dengan cepat mencerna informasi dan juga dapat membuat diagram lebih fungsioanal.
Penjualan bulanan
Tabel 1.3 Peramalan Analisis
Peramalan Penjualan
| |||
Penjualan
|
2011
|
2012
|
2013
|
Hiburan
|
2.628.000.000
|
2.700.000.000
|
2.880.000.000
|
Kompetitif
|
1.080.000.000
|
1.260.000.000
|
1.440.000.000
|
3.708.000.000
|
3.760.000.000
|
4.320.000.000
| |
Peramalan Penjualan
| |||
Biaya Penjualan Langsung
|
2011
|
2012
|
2013
|
Hiburan
|
446.760.000
|
459.000.000
|
489.600.000
|
Kompetitif
|
183.600.000
|
214.200.000
|
244.800.000
|
630.360.000
|
673.200.000
|
734.400.000
|
4.3 Peramalan beban (Expense)
Peramalan biaya akan digunakan sebagai alat untuk mempertahankan target dan dapat memberikan indikator biaya yang akan dibutuhkan dan juga dapat digunakan ketika diperlukan dalam koreksi/modifikasi untuk implementasi rencana pemasaran yang tepat.
4.4 Anggaran Penjualan Bulanan
Tabel 1.4 Anggaran Beban Pemasaran
Anggaran Beban Pamasaran
|
2011
|
2012
|
2013
|
Situs Web
|
40.000.000
|
35.000.000
|
33.000.000
|
Iklan
|
15.000.000
|
23.000.000
|
25.000.000
|
Bahan Cetak
|
4.000.000
|
5.000.000
|
7.000.000
|
Total Penjualan Dan Beban Pemasaran
|
59.000.000
|
63.000.000
|
65.000.000
|
Persentase Penjualan
|
1,59 %
|
1,68 %
|
1,51 %
|
Margin Kontribusi
|
3.250.000.000
|
3.620.500.000
|
4.460.700.000
|
Margin Kontribusi/Penjualan
|
87,65%
|
96,29%
|
103,26%
|
4.5 Kontrol
Tujuan dari rencana pemasaran GET adalah bertindak sebagai pedoman atau pemandu organisasi, kemudian bidang ini akan diamati untuk mengukur kinerja:
Ø Pendapatan bulanan dan tahunan
Ø Beban bulanan dan tahunan
Ø Kepuasan pelanggan
Ø Pengembangan produk baru yang ramah lingkungan
4.6 Implementasi
Tabel 1.5 merupakan tonggak-tonggak yang dapat mengidentifikasi program pemasaran kunci. Kita perlu mencapai setiap sasaran sesuai dengan waktu dan tepat anggaran.
Tahapan Penting
Tabel 1.5 Tahapan Penting
Rencana
| |||||
Tahapan Penting
|
Tgl mulai
|
Tgl berakhir
|
Anggaran
|
Manajer
|
Departemen
|
Penyelesaian rencana pemasaran
|
01-01-2011
|
02-01-2011
|
Stan
|
Pemasaran
| |
Penyelesaian situs web
|
01-01-2011
|
16-03-2011
|
26.000.000
|
Perusahaan luar
|
Pemasaran
|
Kampanye iklan no.1
|
01-01-2011
|
01-07-2011
|
4.000.000
|
Stan
|
Pemasaran
|
Kampanye iklan no.2
|
31-02-2011
|
30-12-2011
|
5.000.000
|
Stan
|
Pemasaran
|
Pengembangan saluran eceran
|
01-01-2011
|
30-11-2011
|
Stan
|
Pemasaran
| |
Total
|
35.000.000
|
4.7 Organisasi Pemasaran
Induk perusahaan akan bertanggungjawab untuk kegiatan pemasaran.
Perencanaan Darurat:
a) Risiko terburuk: Menentukan bahwa bisnis tidak dapat mendukung dirinya sendiri pada basis yang sedang berjalan. b) Kesulitan dan Risiko: Masuknya pesaing pasar yang sudah terkenal di pasar dan masalah untuk menghasilkan visibilitas, sebuah fungsi menjadi organisasi baru yang berbasis internet.
0 komentar:
Posting Komentar